Polres Pandeglang Amankan Pembuang KIS di Kecamatan Carita

Hasil penyelidikan tercecernya ratusan Kartu Indonesia Sehat (KIS) di dalam bak sampah di Kampung Cibenda, Desa Sukarame, Kecamatan Carita. Petugas Satreskrim Polres Pandeglang berhasil mengungkap pelaku pembuangnya.

Berdasarkan alat bukti dan keterangan saksi, polisi telah menahan dan menetapkan tersangka berinisial SH. tersangka dijerat pasal 372 KUHP tentang penggelapan dan pasal 378 KUHP tentang penipuan dengan hukuman maksimal 4 tahun penjara.

Selain itu, petugas menyita 354 amplop berisi sekitar 908 KIS. Dan untuk pengembangan kasus tersebut, saat ini polisi tengah berkoordinasi dengan pihak BPJS.

“Hari ini kita mengumpulkan sejumlah barang bukti terkait kasus penggelapan KIS sebanyak 328 amplop dan 376 KIS. Karena kasus ini menjadi viral, masyarakat kembali mengumpulkan 26 amplop berisi 182 kartu, jadi total keseluruhannya 354 amplop berisi 908 kartu. Data ini hasil dari pemeriksaan sembilan saksi,” kata Kapolres Pandeglang, AKBP Indra lutrianto amstono dalam keterangan pers kepada wartawan di Polres Pandeglang, Senin (15/10/2018).

"saat ini masih ada seorang saksi yang belum diperiksa, karena sedang berada di luar kota. Berdasarkan hasil diskusi dengan BPJS dan pemerintah daerah rencananya kartu ini akan diserahkan kepada penerima agar bisa digunakan kembali. Untuk jumlah kartu kemungkinan besar akan kembali bertambah seiring dengan penyelidikan dan pengembangan kasusnya. Kami sudah memeriksa sejumlah saksi, seharusnya tersangka membagikan KIS kepada masyarakat langsung. Namun, kartu ini didapat dari perwakilan kecamatan berinisial M. Saat ini belum bisa disampaikan jumlah tersangkanya bisa bertambah atau tidak,” ungkap Kapolres.

Seperti diketahui, warga Carita, Kecamatan Carita, Kabupaten Pandeglang dikejutkan dengan penemuan ratusan Kartu Indonesia Sehat (KIS) dalam kondisi tercecer di bak sampah, Minggu (14/10/2018).

Kartu kesehatan tersebut ditemukan oleh Beni, warga Sukarame, Carita. Saksi menemukan tumpukan KIS tersebut dalam bak sampah tak jauh dari rumahnya.

Komentar

Tulis Komentar